Friday, February 11, 2011

Kenali Tanda Kenapa Motivasi Anak Menurun



Konsultasi Keluarga - Perkembangan anak, tidak hanya ditentukan oleh faktor luar (sekolah) saja, namun peranan besar lingkungan keluarga sangat mempengaruhi perkembangan anak. Konsultasi keluarga terutama anak ke orang tua harus dibiasakan sejak dini, dibutuhkan pola-pola komunikasi yg terbuka dgn anak. Hal ini agar si anak tidak merasa segan menceritakan masalah yg dialaminya.

Memotivasi anak tidak hanya tugas ibu, bapak pun perlu memahami kenapa anak tiba-tiba menjadi pemalas, pendiam, atau mencari perhatian dgn melakukan hal-hal yg dilarang. Inilah kegunaan dari konsultasi keluarga..





Faktor yg Menyebabkan Motivasi Anak Menurun

Konsultasi Keluarga - Menjadi orang tua yg baik tidaklah hal yg mudah. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, keinginan, dan kesadaran yg timbul dari dalam diri akan hak dan kewajibannya sebagai orang tua. Mogok sekolah atau menurunnya motivasi anak belajar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.

1.   Kondisi Anak
Anak yg memiliki kondisi fisik, sikap belajar, dan kemampuan intelektual yg memadai diharapkan dapat mengikuti proses belajar di sekolah dgn baik. Namun jika kondisi anak kurang optimal, tentu akan menghambat anak untuk mengikuti pelajaran yg membutuhkan daya tahan tubuh yg memadai.

2.   Keluarga
Keluarga memiliki peran penting dalam memotivasi anak salah satunya konsultasi keluarga. Pola pengasuhan orang tua di setiap permasalahan yg terjadi dalam keluarga, juga dapat menurunkan motivasi anak untuk ke sekolah. Figur orang tua, dan kondisi hubungan orang tua bisa mempengaruhi motivasi anak.

Kondisi keluarga yg broken home kadang bisa memacu anak lebih baik, namun pada kasus tersebut lebih banyak anak yg menjadi korban, kurang terperhatikan sehingga anak menjadi malas, nakal, tertutup. Jika sudah di luar batas kemampuan konsultasi keluarga, bisa dgn mendatangi psikolog.

3.   Lingkungan Sekolah
Lingkungan sekolah yg memiliki standar nilai yg terlalu tinggi dapat membuat anak merasa terbebani dan tidak ingin melanjutkan sekolahnya. Sebaliknya, standar sekolah yg terlampau rendah dapat menurunkan motivasi belajar sehingga anak malas sekolah.


Sumber: anneahira.com
Temukan Info Lain Seputar Konsultasi Keluarga

No comments:

Post a Comment