Monday, March 7, 2011

Bagaimana Rumah Mungil Agar Tampak Nyaman Dan Luas


                                            

Rumah Minimalis - Bagi masyarakat urban, rumah telah menjadi sebuah tempat untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Penataan rumah biasanya juga mencerminkan gaya hidup dari penghuninya, mulai dari pemilihan perabot hingga warna cat.

Masalahnya, banyak orang yg menganggap rumah nyaman identik dgn kemewahan dan ukuran yg besar. Namun, jangan berkecil hati dulu, rumah minimalis bertipe mungil pun dapat dibuat nyaman bila tahu trik mengubahnya.

Berikut adalah beberapa tips mengubah rumah minimalis bertipe mungil menjadi istana yg dapat membuat penghuninya merasa nyaman, bukan sekadar tempat berteduh kala hujan datang atau ketika terik matahari menyengat bumi.

Pilih perabot minimalis dan efisien
Agar tidak terkesan sempit, Anda dapat memilih perabot minimalis yg akan ditampilkan sebagai tempat untuk meletakkan barang. Hal ini perlu untuk menghindari penumpukan barang di sebuah sudut sehingga rumah mungil terlihat lebih sesak akibat banyaknya barang. Meja yg besar sebagai tempat bekerja dapat disiasati dgn meja lipat yg menempel pada dinding, sehingga ketika tidak digunakan, ruangan akan terlihat lowong.

Material simpel
Hindari perabotan berat yg terbuat dari kayu sebagai material utama saat menata rumah mungil. Peralatan berbahan kayu akan membuat tampilan rumah minimalis bertipe mungil terkesan sempit. Bahan plastik dgn pilihan warna cerah dapat menjadi solusi bagi ruangan yg ingin tampil longgar.

Kaca sebagai medium
Anda juga dapat menggunakan kaca sebagai medium untuk 'memperbesar' ruangan. Letakan kaca berukuran cukup besar di sudut ruangan sebagai efek memperluas ruangan sempit. Fungsi lain dari kaca ini dapat digunakan juga sebagai cermin.

Hemat Energi dgn pengaturan cahaya
rumah minimalis bertipe mungil juga dapat menjadi tempat tepat untuk menghemat cahaya listrik. Penggunaan ventilasi besar atau jendela besar akan membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah secara alami. Di siang hari kondisi ini akan membuat ruangan memiliki penerangan alami. Saat malam menjelang, energi listrik melalui medium lampu berdiri akan membuat ruangan terlihat lebar.

Penggunaan warna putih
Putih identik dgn bersih dan kesan luas, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif mensiasati ruangan menjadi terlihat luas. Perabotan yg dipilih juga hendaknya senada dgn warna putih pada dinding. Memainkan warna selain putih dapat dilakukan bila anda ingin memberi aksen pada sudut tertentu, ini untuk menghindari ruangan terkesan kaku.

Sumber: cangkang.vivanews.com

Temukan Info Lain Seputar Rumah Minimalis

No comments:

Post a Comment

Post a Comment